Budug Asu (Lereng Gunung Arjuno)

February 11, 2019

Budug Asu merupakan salah satu bukit dilereng Gunung Arjuno, lokasinya berada tepat dilingkungan kebun teh Wonosari. Suasananya asri, adem dan pemandangannya lumayan bagus.

Rute awal cukup search via Google Maps Kebun Teh Wonosari. Sepanjang perjalanan dari Lawang menuju lokasi lumayan menanjak, hati-hati jika menggunakan motor matic. 


Setelah masuk lokasi kebun teh jalan mulai landai, suasana sejuk dan hijau disepanjang perjalanan, waktu kita kesini masih pagi jadi suhunya lumayan dingin.

Area Kebuh Teh Wonosari
Selain sepanjang jalan dikelilingi dengan kebun teh, beberapa kali kami melihat pemuda pemudi yang berhenti sejenak untuk sekedar foto selfie.

View Kebun Teh Wonosari
Tiket masuk kebun teh Rp 8.000 jam kerja, weekend Rp 12.000. Parkir kalau tidak salah 2.000 s/d 3.000, lupa.

Pabrik Teh Wonosari
Didalam area Pabrik Teh Wonosari terdapat Wahana Wisata Agro Wonosari seperti sepeda air, kereta kelinci, Kolam renang dan beberapa wahana yang lain, selain itu juga banyak sekali spot foto. Agar pembahasan tidak melebar dalam kesempatan kali ini saya hanya akan membahas Budug Asu.

Wahana Kebun Teh Wonosari
Rute lokasi Budug Asu ada disebelah kiri dari Wisata Teh Wonosari, jadi kanan Agro Wonosari kiri jalan ke Budug Asu, jangan khawatir tanda jalannya jelas kok. Biasanya nanti akan ditawari naik trail, harganya kurang tau, kita sih pilih jalan kaki. 

Jalan Setapak ke Start Pendakian
Sampai disana nanti ada warung sekaligus tempat parkir jika kalian dari kebun teh wonosari naik motor. Jalan kaki dari kebun teh kesini sekitar 20 Menit, cukup untuk pemanasan sebelum mendaki. 

Warung di Start Pendakian Budug Asu
Dari sini mulai jalan kaki, awal mendaki sama sekali gak ada bonus. Jalan lumayan menanjak dan sepanjang jalan bebatuan, sangat tidak disarankan menggunakan Sandal, minimal sepatu sport atau sepatu hiking. 

Jalan Makadam Bos
Enaknya sepanjang jalan kalian bisa melihat betapa rindangnya pohon-pohon pinus, sesekali bisalah foto selfie. Dari awal pendakian mungkin track ini lebih banyak bonusnya, cocok buat pendaki pemula. Oiya terkadang di perjalanan kita akan bertemu beberapa Anjing, kadang bergerombol, tapi jangan takut anjingnya jinak kok.

Hutan Pinus Budug Asu
Setelah perjalanan kurang lebih 2 Jam, kita akan disambut Tanjakan Demit, jika ada petugas kita akan dikenakan biaya Rp 5.000 (ada tiketnya). Kebetulan saya kesini sudah 2 kali, awal kesini masih pagi jadi masih belum ada yang jaga, nah yang kedua agak siang jadi bayar deh.

Kenapa disebut Tanjakan Demit, kalian harus datang kesini biar tahu kalau tanjakannya memang kayak demit,tanjakannya mantaap.. 

Tanjakan ke Puncak Budug Asu
Mungkin difoto kurang begitu jelas ya betapa curamnya tanjakan ini, sampai-sampai anda tidak akan bisa jika tidak pakai tali, nyaris 90 derajat. Bagi yang takut ketinggian disarankan tidak melihat kebelakang, naik aja sampai punjak.

Tanjakan Demit 

Tanjakan Demit Setengah Perjalanan

Tanjakan Demit Hampir Puncak
Setelah melalui beberapa rintangan dari tanjakan demit, sampailah kita di puncak Budug Asu, jika kalian kesini jangan lupa bawa persediaan Air yang cukup, Snack atau Roti. Karena di sepanjang perjalanan kalian tidak akan menemui sumber mata air apa lagi warung.

Ya walaupun di Puncak ada warung, tapi tidak ada jaminan warungnya buka. Kadang tutup kadang buka suka-suka yang jualan, lebih baik dipersiapkan dari bawah. 

Area Batas Foto Selfie

Spot foto yang lagi nge-hits
Kaos beda, karena memang kita sudah 2 kali kesini, nah dikunjungan kedua lagi turun kabut, kebetulan ada stok foto yang kabutnya tidak terlalu tebal.

Puncak Budug Asu

Lokasi Budug Asu Camp
Ada 2 jalur turun dari puncak yaitu lewat tanjakan demit (lagi) atau berputar mengelilingi bukit, nah kita coba turun dengan mengelilingi bukit, sepertinya lebih aman dengan estimasi jarak tempuh sekitar 30 menit.

Jalan Turun dari Puncak Budug Asu
Terakhir, jangan lupa bawa sampah turun. Salam lestari. 

You Might Also Like

0 comments